Menurut data survei kesehatan terbaru yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada tahun 2023, ditemukan bahwa:

  • Sekitar 25% dari populasi generasi Z dan milenial di Indonesia telah mengalami gejala GERD setidaknya sekali dalam setahun terakhir.
  • Lebih dari 15% generasi muda Indonesia mengalami gejala GERD secara berkala, dengan intensitas yang bervariasi
  • Prevalensi GERD di kalangan generasi Z dan milenial cenderung meningkat dari tahun ke tahun seiring dengan perubahan gaya hidup dan pola makan yang terjadi.

GEN Z, panggilan akrab bagi generasi muda yang lahir antara tahun 19197-2012 pasti sudah tidak asing lagi dengan beberapa jenis penyakit lambung seperti asam lambung, gerd, ataupun maag karena penyakit ini sudah menjadi pembahasan global yang perlu diperhatikan. Meskipun sering dianggap sebagai masalah kesehatan yang umum pada usia yang terus berlanjut, data menunjukkan bahwa jumlah kasus GERD di kalangan generasi muda semakin meningkat. Sebenarnya, semua orang dari berbagai kalangan usia dapat terkena penyakit lambung mengingat gaya hidup modern, gaya hidup yang serba cepat dan pola makan yang berbeda generasi ini membuatnya semakin rentan terhadap gangguan pencernaan yang mengganggu kenyamanan dan kualitas hidup mereka. Lantas, gaya hidup seperti apa yang dapat memicu penyakit lambung? Simak penjelasannya berikut ini!

  1. Gaya Makan

Berbagai jenis makanan baru yang muncul akibat innovasi, makanan cepat saji, makanan instan, frozen food, serta berbagaimakanan yang pedas-pedas memang menggiurkan ya, teman-teman. Tapi, perlu diingat bahwa berbagai makananan yang bukan berasal dari real food itu tidak baik, lho bagi kesehatan tubuh kita. Selain itu, pola makan yang buruk juga akan memantik timbulnya berbagai gejala penyakit lambung. Sepertinya, masih banyak gen z yang belum bisa/kesusuahan menerapkan pola makan yang teratur, seperti makan di waktu yang sama, tidak makan pada jam di mana lambung harusnya beristirahat dan lainnya. Begitupun untuk memperhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuihg kita, misalnya, pengidap dispepsia sebaiknya menghindari minuman berkarbonasi dan bersoda, makanan dan minuman berkafein, minuman beralkohol, makanan yang mengandung kandungan sitrat tinggi, seperti pada jeruk, tomat, dan produk yang terbuat dari tomat, makanan berminyak, dan makanan berlemak atau pedas.

2. Sering Begadang

Wah! kalau begadang sih identik sekali, ya dengan Gen Z. Di mana, saat ini Gen Z memang sedang berada diusia produktif sehingga masih merasa kuat dan sehat untuk begadang, baik melakukan suatu pekerjaan ataupun sekedar bermain sosial media. Namun, ternyata begadang ini tidak baik, lho buat kesehatan lambung kita. Sebab pencernaan kita tetap bekerja pada malam hari dan menghasilkan asam lambung. Kalau tidak makan sama sekali atau sudah makan awal malam, kamu akan mengalami gejala maag bahkan asam lambung naik.

3. Mengkonsumsi OAINS

Obat antiinflamasi non steroid (OAINS) memiliki efek samping utama dalam penggunaan berulang, yaitu tukak lambung. Penggunaan OAINS dengan dosis tinggi (dosis anti rematik artritis) meningkatkan resiko terkenanya tukak lambung. Pemberian obat anti tukak lambung seperti omeprazol dapat mengobati dan mencegah tukak lambung. Obat ini sering digunakan untuk menahan atau mengurangi rasa nyeri. Gen Z mungkin saja sering mengalami sakit kepala karena beban tugas, pekerjaan, ataupun faktror lain yang menyebabkan mereka mengkonsumsi obat-obatanm yang demikian. Namun tetap hati-hati ya! perhatikan dosisis penggunaan obat ini dan dengan anjuran dokter lebih baik.

4. Kesehatan Mental (Stress)

Meskipun stress tidak menimbulkan efek pada lambung secara langsung, namun kesehatan mental ini juga berpengaruh kepada gangguan lambung. seperti kata dokter Andri, seorang psikomatik yang dikutip dari kanal YouTube nya sendiri bahwa “system saraf pusat (CNS/Central nervous sistem) yang ada di otak manusia memiliki hubungan dengan lambung dan saling berkaitan”. Oleh karena itu, jangan teralalu overthingking, sedig, atau merasa  cemas berlebihan ,ya!

Nah, demikian rangkumann pemicu penyakit lambung yang paling dekat dialami oleh Gen Z. Jadi, mulai sekarang jangan acuh dengan kesehatan lambung kita, ya!